Minggu, 21 Oktober 2012

LAMPU MOTOR ANDA SERING PUTUS

Penyebab Lampu Motor Sering Putus

Bagi anda para bikers, lampu merupakan salah satu part penting yang bisa berhubungan langsung dengan nyawa anda saat berkendara karena fungsinya yang sangat vital. Selain untuk membantu penglihatan pengendara dikegelapan, kehadiran lampu juga menjadi sebuah tanda keberadaan anda bagi pengendara lain saat berkendara dimalam hari. Berhubungan dengan hal itu, betapa jengkelnya anda jika lampu motor anda sering putus dan anda harus bolak-balik pergi kebengkel untuk membeli lampu baru. Ada beberapa penyebab sering putusnya lampu kendaraan anda, mari kita cek satu persatu:

1. Hal pertama yang meski anda periksa adalah kabel kelistrikan, pastikan seluruh kabel dalam keadaan baik dan tidak ada yang terkelupas. Karena jika ada kabel yang terkelupas dan bersentuhan dengan massa, akan menyebabkan koslet yang bisa memacu semakin pendeknya umur bohlam lampu kendaaan anda. Jika hal itu terhadi, anda dapat mengatasinya dengan menutupnya dengan isolatip plastik hingga tertutup sempurna. Namun jika kerusakan sudah terlalu parah anda bisa mengganti bagian kabel yang rusak itu dengan kabel yang baru.

2. Yang kedua adalah cek saklar lampu kendaraan anda, buka saklar yang ada pada setang dan cek kembali kabel-kabel yang terhubung kepada setiap panel disana. Jika ada yang tidak terhubung dengan baik anda bisa menghubungkannya kembali. Setelah itu anda bisa membersihkan tombol-tombol saklar sampai semua kotoran yang bisa mengganggu kinerja saklar hilang dan saklar menjadi bersih.

3. Jika kedua masalah diatas bukan menjadi penyebabnya anda bisa melanjutkan pencarian anda dengan mengecek kiprok atau regulator pada motor anda. Part ini memiliki fungsi sebagai alat pengisian aki (motor tipe AC ke DC) juga berfungsi sebagai penyetabil arus listrik, sehingga saat aki tidak bekerja dengan normal kiprok atau regulator dapat menyetabilkan aliran listrik yang dihasilkan spul magnet. Jika kiprok atau regulator juga tidak berfungsi dengan normal lampu akan mudah putus karena terlalu besarnya aliran listrik yang diterima lampu. Apabila alat ini bermasalah anda dapat menggantinya dengan yang baru.

4. Kemungkinan yang terakhir jika lampu motor anda sering putus atau redup ada pada bagian spul magnet. Karena bagian ini bertugas menjadi penghasil aliran listrik yang berfungsi sebagai pengisi aki dan penyalur kelistrikan ke part-part lain termasuk lampu pada motor anda. Maka jangan heran jika ada masalah pada bagian ini alat-alat kelistrikan pada motor anda tidak bisa bekerja dengan normal. Cara penanganannya adalah mengganti spul magnet dengan yang baru, atau jika anda ingin lebih irit anda bisa pergi kebengkel dinamo kepercayaan anda untuk memintanya menggulung kembali spul magnet anda dengan gulungan baru, dan tentunya hal ini sedikit lebih murah dibandingkan anda membeli part baru.

4 komentar:

  1. Mas mau tanya..motor mio saya ko masih tetep cepet mati ya lampunya padahal kiprok sudah saya ganti orisinil ama aki jg baru..terus apanya yaa mas??tlong dblz ya mas makasih

    BalasHapus
  2. Mas mau tanya..motor mio saya ko masih tetep cepet mati ya lampunya padahal kiprok sudah saya ganti orisinil ama aki jg baru..terus apanya yaa mas??tlong dblz ya mas makasih

    BalasHapus
  3. saya mau tanya gan. kabel udh d cek normal kiprok jg masih normal tp lampu motor vega r new sy masih sering cpt putus. saat d gas poll

    BalasHapus
  4. saya mau tanya gan. kabel udh d cek normal kiprok jg masih normal tp lampu motor vega r new sy masih sering cpt putus. saat d gas poll

    BalasHapus