Minggu, 21 Oktober 2012

Agar Lampu Motor Menyala Terang

MEMBUAT LAMPU MOTOR MENJADI LEBIH TERANG

    Jika anda suka touring keluar kota, tentunya kita memerlukan lampu motor dengan penerangan yang cukup terutama dimalam hari, hal inilah yang mendasar bagi kita. Lampu penerangan merupakan Safety dan kenyamanan kita berkendaraan terutama dimalam hari.
    Ada banyak produk lampu dipasaran mulai yang termurah 10ribu hingga jutaan rupiah (Lampu HID Projector). Jika kita berkantong pas-pasan seperti saya...hehehe...mungkin trik ini dapat menjadi solusi.
     Kita sering mendengar orang bengkel menyebutkan Kiprok, apa sebenarnya fungsi dari kiprok?? Kiprok dalam istilah elektro lebih dikenal dengan sebutan Rectifier (penyearah), konsep dasar sebenarnya sederhana, rangkaian dioda sebagai penyearah arus listrik bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC). Selain itu kiprok juga dilengkapi Regulator yang berfungsi meregulasi batasan tegangan keluar yang diijinkan motor tersebut.
      Regulator dengan IC LM2576 yang berfungsi mengatur tegangan keluar untuk pengisian (Charger) Aki serta membuangnya ke Ground/ Massa jika proses Charger Aki telah penuh.
    Ada 2 type kelistrikan pada motor
1. Halfwave, keluaran dari spul motor biasanya memiliki 3 kabel, yang berfungsi sebagai sumber lampu             utama, dan sebagai tegangan charger aki secara terpisah antara keduanya. ciri-cirinya lampu depan/             utama masih mengikuti putaran rpm mesin. (contoh Jupiter mx, z, Honda Astrea, Suzuki shogun dll)
2. Fullwave/Full DC, keluaran dari spul motor biasanya memiliki 2 kabel, arus listrik yang dihasilkan cukup       besar untuk men-charger accu, sehingga semua kelistrikan motor diambil dari Aki/ accu,  ciri-cirinya             Lampu utama bisa On tanpa mesin dihidupkan. (contoh Honda Tiger, Yamaha Vixion, Suzuki Thunder) 
    Berikut cara sederhana membuat lampu lebih terang, cukup modal hanya Rp. 500, 
    Kebetulan saya menggunakan motor Jup MX 
   Potong kabel berwarna kuning merah/belang yang masuk ke Kiprok, berikut gambar soket kiprok yang dilepas



dan pasangkan resistor 820 ohm 1 watt, jangan lupa diisolasi


agar resistor gampang dibongkar pasang, saya gunakan tutup Fuse seperti gambar berikut, dengan menyambung kabel tambahan
   Pada experimen pertama saya menggunakan potensio/ resistor variable untuk adjustment sesuai dengan cahaya lampu yang diinginkan, dan tentunya ukur tegangan yang masuk ke lampu, jangan sampai melebihi toleransi dari lampu tersebut, max 16-18 volt untuk OSR*M dan Wurth bisa lebih mencapai 30Volt, serta gunakan reflector asli agar lebih awet dan tidak meleleh.
   Kemudian saya ukur kembali potensio menggunakan Multimeter, untuk mengetahui nilai resistansi yang sesuai, dan didapatlah +- 800an ohm, anda bisa saja menggunakan resistor 330,470,500,620,680,820,1K untuk berexperimen karena setiap jenis motor berbeda. Hati-hati menggunakan resistor diatas 1K, lampu anda bisa langsung putus karena terlalu terang. 
Mengapa bisa demikian??
   Limit tegangan supply lampu diatur oleh kiprok. Jika kita manipulasi menggunakan resistor, maka tegangan supply ke lampu bisa lebih besar dari standarnya. Hasilnya lampu akan menyala lebih terang pada RPM yang sama, jika dibandingkan dengan tanpa manipulasi. Bagaimana bisa? karena kiprox menerima input yang lebih rendah dari yang seharusnya. Karena menerima tegangan yg lebih rendah, sehingga Kiprox melakukan regulasi tegangan, hasilnya tegangan ke lampu lebih besar.
   Dipasaran banyak dijumpai Booster Lampu, bahkan Kiprok Khusus untuk membuat lampu 2 kali lebih terang dengan harga ratusan ribu, secara prinsip tidak berbeda..karena sama-sama menaikan arus dan tegangan sesuai batasan yang dijinkan,  dengan cara ini anda bisa membuat lampu 2,3,4 kali lebih terang, konsekuensinya umur Lampu akan lebih pendek, jadi bertindak bijaklah..sesuai kebutuhan.


Semoga Bermanfaat

31 komentar:

  1. bos,ane mw tny nih..klo pasang potensiometernya gmn?

    BalasHapus
  2. Aku sudah coba tp nyala lampu tetap saja ga ada perubahan

    BalasHapus
  3. resistor adalah salah satu komponen elekronika yang berfungsi sebagai penahan arus yang mengalir dalam suatu rangkaian dan berupa terminal dua komponen elektronik yang menghasilkan tegangan pada terminal yang sebanding dengan arus listrik yang melewatinya sesuai dengan hukum Ohm (V = IR).
    jadi kesimpulan nya bagai mana mukin lampu bertambah terang sedang kan arus yang tersuplay ke lampu tertahan oleh resistor tersebut.tu aja makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya mas pke dioda 3amper 3 buah+6 amper 2 buah.hsilnya ckup memuaskan

      Hapus
    2. Mas setelah d pasang resistor di kabel warna kuning yg ada d kiprok, lampu mtr beet saya jadi terang tpi ga lama setelah d bukA gas lebih besar eh lampu besar dan yg belakang malah mati.... saya pake resistornya yg 1/2 watt....

      Hapus
    3. Minta masukan nya dong masssa

      Hapus
    4. Mas setelah d pasang resistor di kabel warna kuning yg ada d kiprok, lampu mtr beet saya jadi terang tpi ga lama setelah d bukA gas lebih besar eh lampu besar dan yg belakang malah mati.... saya pake resistornya yg 1/2 watt....

      Hapus
    5. betul fungsi resistor adalah menahan arus listrik,
      dan dalam hal ini menahan arus negatif yang akan masuk ke zener didalam kiprok,
      jadi dalam kasus ini adalah mengurangi kinerja zener, sehingga zener yang aslinya mampu menahan tegangan hanya sampai 12.8 v walaupun motor di gasspoll,

      dengan ditahan kinerja negatifnya, maka zener hanya akan mampu menahan misalnya 15 volt bila gas di geber... bahaya kan???
      bisa bisa koit semua komponen elektrik motor (termasuk aki)

      kalau terpaksa mau ikutin cara diatas, sebaiknya gunakan resistor 5 watt (jangan 1 watt), itupun harus rutin periksa/ganti tiap beberapa bulan,

      karena resistor mudah panas, dan nilai resistansi akan membengkak bila sering terkena panas.

      bila menggunakan 800Ω / 1 watt, coba saja geber dalam beberapa hari... ukur ulang ... kemungkinan besar nilai tidak lagi 800Ω ... tapi semakin besar, dan itu artinya akan semakin tinggi pula voltage, dan jaminan rontok semua komponen elektrik.....

      Hapus
    6. Wah. Bahaya nich kayaknya.. sebaiknya resistornya jangan di le takkan dekat dengan tempat bensinnya kawan.. takut lebih dulu resistornya yg kebakar sebelum lainnya.. v:

      Hapus
    7. Wah. Bahaya nich kayaknya.. sebaiknya resistornya jangan di le takkan dekat dengan tempat bensinnya kawan.. takut lebih dulu resistornya yg kebakar sebelum lainnya.. v:

      Hapus
  4. naya nih bro kalo motor saya malahan lampunya cepat putus

    BalasHapus
  5. Maz dian@ saya bayu dari bali.. saya mau tanya maz saya punya motor suzuki GSX 250. Saya rasa 35W masih kurang terang.. nah kalau saya pakai lampu 55W itu saya harus beli resistor/komponen apa n yg kode brapa..? Mohon pencerahan.

    BalasHapus
  6. bos kalo motor ane cuma lampu depan ama blkang aja yg hdup tp lmpu lain sma layar spidometer ga hdup knpa yh?

    BalasHapus
  7. Mntap brooo......mksih info nyanya...!slm sejahtra...!

    BalasHapus
  8. Jgn lpa senggolan nya y....!

    BalasHapus
  9. Boongan ini mah... Kaga bisa idup lampunya... Bikin blogger abal2 ini

    BalasHapus
  10. Boongan ini mah... Kaga bisa idup lampunya... Bikin blogger abal2 ini

    BalasHapus
  11. Mau terang lampu motor anda bawa ke ahli pemasangannya,lht contoh yg sudah di pasang.klu bener2 memuaskan,kt tinggal bayar aja aqan2 gak usah pusing2 lg buat mikirinya.

    BalasHapus
  12. Bukankah resistor berfungsi sebagai penahan arus.bagaimana bisa lampu jadi lebih terang.sedangkan suplay yg masuk justru malah berkurang??? Coba di perjelas.
    Menurut saya ; klo pengen lebih terang,kita tinggal lihat aja. Sistem ac apa dc pada motor kita. Klo AC ;SEMAKIN BESAR WATT BOHLAM MAKA AKAN SEMAKIN TERANG. klo DC ;SEMAKIN KECIL WATT BOHLAM MAKA AKAN SEMAKIN TERANG. Selebihnya;faktor spul dan mahnet yg menentukan. Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. AC ;SEMAKIN BESAR WATT BOHLAM MAKA AKAN SEMAKIN TERANG.
      klo DC ;SEMAKIN KECIL WATT BOHLAM MAKA AKAN SEMAKIN TERANG

      Gak kebalik ta mas????😃

      Hapus
  13. Kalo untuk lampu H4 gimana om mengaplikasikannya ??
    Mohon bantu jawab :)

    BalasHapus
  14. Lampu depan saya itu sering putus bahkan batoknya sampai hangus mas, itu permasalahnnya d mana ya?? Tolong bantu

    BalasHapus
  15. klw boleh kasih masukan tentang pertanyaan di atas nih yah tentang R sebagai penahan arus atau tegangan...
    jadi maksudnya gini..
    saya bahas kabel kuning aja yah. yg buat lampu..
    ...kan kabel kuning itu awalnya dari spull_. dia menuju kiprok dan lampu besar (jadi dua jalur)...nah maksudnya di kasih R 820 ke bawah tuh bertujuan buat menahan arus atau tegangan yg masuk ke kiprok sehingga arus di alihkan atau mengalir menuju lampu...nah makanya jikalau nilai R nya terlalu besar oto arus menuju lampu lebih besar pula (jika dari spullnya emang besar)...
    ...tp ini berlaku nya di yam*ha dengan alus system kelistrikan lampu nya AC....
    terimakasih

    BalasHapus
  16. Mau tanyak. Lampu saya sering putus. Biasa tanpa aki. Mau beli ga ada uang bos. Tpi dulu tanpa aki lampu blkng sama depan hidup awet mekpn kenceng . Mohon masukannya

    BalasHapus
  17. Kalau untuk satria fu kabelnya warna apa ya.. Terus kabel kuning itu di jupe kabel apa ya

    BalasHapus
  18. Saya sarankan si jangan ikuti anjuran diatas..mendingan kita ambil tegangan aki aja untuk menghidupkan lampu dijamin terang.. Tinggal kita pakai riley aja untuk mengamankan saklar lampu..saya dah coba lebih dari 6 bulan.. Aki aman.. Lampu terang.. Perjalanan nyaman..?

    BalasHapus
  19. idenya bagus juga , semakin besar nilai resistor maka voltasenya semakin naik , kalo begitu naikin aja bos sampai 220 volt sekalian ganti pake lampu rumah pasti joss

    BalasHapus
  20. Logika aja bos. Jika kamu hambati tegangannya. Ya suply yg masuk juga bakalan rendah lah bos

    BalasHapus
  21. Yg komen pada ga mudeng kabeh,,,iku seng di hambat neng pengisian dadi ben mlebu neng jalur lampu,,,seng kudune neng aki 2 ember dihambat jadi 1 ember nah seng sak ember pindah mlwbu neng lampu mulakno terang,,,trims

    BalasHapus