Mengatasi Kampas Kopling Yang Aus
Motor susah hidup saat tombol motor
starter atau, salah satu sebabnya adalah tidak maksimalnya poros kruk-as
dipelintir. Sehingga terjadi gejala selip dan susah diajak berputar
lebih cepat.
Inti dari persoalan ini, biasanya efek
kampas kopling sudah tipis (aus) atau terjadi masalah pada kopling
otomatis seperti terjadi di Yamaha Vega R. Kebetulan part itu tepat
berada di tengah lingkar dalam rumah kopling sentrifugal.
“Kampas tipis kadang masih suka
menyangkut. Kalau kopling otomatis, jika salah satu pegas penekan pen
sudah lemah, peranti ini tidak dapat mengunci poros kruk-as agar dapat
menggerakkan seher atau piston. Motor pun susah menyala.
Untuk mengatasi masalah itu, biasanya
part seperti ini harus ganti semua. Tapi, kalau cuma satu pegas yang
lemah, bisa juga diatasi pakai per batu korek api yang punya diameter
dan jarak ulir sama dengan aslinya.
“Contoh paling dekat pegas penekan batu
korek api model lama, atau yang pakai kapas. Kalau per korek gas terlalu
kecil diameternya. Punya pulpen masih terlalu lemas daya tekannya,
Cara pasangnya sama seperti biasa. Cuma
biar kerjanya rata, potong pegas seukuran pegas yang masih tinggi atau
pakai yang versi standar.
Selamat mencoba...!!!!
Izin nyimak gan...
BalasHapusRegard, Ganti Oli.